Thursday, May 21, 2015

Doa Setelah Wudhu Yang Benar

Setelah wudhu disunahkan untuk berdo’a. Haruslah membaca do’a wudhu yang benar sesuai dengan yang diajarkan oleh rasulullah shalallahu alaihi wasalam. Tidak bisa bertemunya kita dengan rasulullah bukan berarti kita tidak bisa mendapatkan apa yang ditinggalkan oleh Beliau saw. Dengan mengambil hadits-hadits yang memiliki derajar shahih menjadikan apa yang dikerjakan sesuai dengan yang dikerjakan oleh yang pewaris Muhammad saw.
Inilah do’a yang sesuai dengan yang rasulullah lakukan ketika selesai dari wudhu.
أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
“Aku bersaksi, bahwa tiada Tuhan yang haq kecuali Allah, Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagiNya. Aku bersaksi, bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya”. ( HR. Muslim )
اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ
“Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang (yang senang) bersuci”. (HR. At-Tirmidzi )
Hadits yang diriwayatkan oleh imam tirmidzi adalah tambahan sebagaimana yang dicantumkan dalam buku kumpulan do’a hisnul muslim.
Keutamaan membaca do’a diatas adalah dibukanya delapan pintu-pintu surga dan diperselisihkan untuk memasukinya dari mana saja yang di sukai. Ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan imam muslim.
Demikian do'a wudhu yang benar semoga bermanfaaat dan menjadi amal shalih, sebagai sebab dimasukkannya kedalam surga.